Rabu, 07 Januari 2009

prospek carry trade di tahun 2009

krisis ekonomi global masih belum akan berakhir sampai dengan tahun 2009 ini, ekonomi dunia masih penuh dengan tekanan, meski BI dan menurunkan BI rate menjadi 9,25% bahkan bahkan Bank Sentral AS (The Federal Reserve yang sering disebut The Fed) telah memangkas bunga acuannya sebesar 4% menjadi 0,25%, tidak mau kalah dengan The Fed maka European Central Bank (ECB) memangkas bunganya sebesar 2,75% menjadi 2,5%.

penurunan suku bunga yang cukup signifikan ini mengundang mata para kaum berkantong tebal yang sekarang keren dengan sebutan golongan wealthy bahkan ultra nerworth individual memanfaatkan momen untuk mengambil untung. Mereka memanfaatkan negara dengan bunga rendah untuk mengambil pinjaman dan disimpan atau di investasikan pada negara yang bunganya tinggi, praktek inilah yang sikenal dengan sebutan CARRY TRADE.


Negara-negara berkembang yang mayoritas mempunyai volatilitas mata uang tinggi, menjadi incaran para kaum berdiut ini. Disamping mata uang negara berkembang seperti Indonesia, maka mata uang negara penghasil komoditas seperti Australia dan Selandia Baru juga menarik. Saat komoditas melejit maka mata uang dua negara ini ikut menguat, bahkan tahun 2008 si kiwi nama tenar dolas Selandia Baru menguat dengan rekor tertinggi terhadap dolar AS.

Nach, apabila anda punya cukup duit, manfaatkan moment ini, bisa dengan mengambil pinjaman dari Jepang dengan bunga 0,1% dan tanamkan ke Australia yang diprediksi akan menguat hingga 12% terhadap dolar AS, atau bisa juga mengambil pinjaman ke Korea (KRW) dengan bunga 3% dan ditanamkan di Indonesia dengan bunga 9,25%. Itu dua alternatif yang bisa dipilih, masih banyak alternatif pilihan untuk carry trade yang cukup membutan air liur menetes.

perlu dipertimbangkan analisis Samsung Securities, Kim Seong-bong yang mengatakan bahwa likuiditas AS menuntut bank sentral mencetak uang untuk menyeamatkan perekonomiannya, dengan kata lain kondisi ini akan membuat mata uang yang selama ini melemah terhadap dolar akan berbalik menguat.
Nach...selamat menikmati manisnya permainan carry trade, bila berhasil, jangan lupa berbagi pengalaman disini ya.....
salam...

Tidak ada komentar: