Senin, 23 Februari 2009

Cost Reduction


Masih ingat himbauan alam. Soeharto mantan presiden RI pada rakyat bangsa ini "kencangkan ikat pinggang"......ya, bahasa sederhana, syarat makna bagi kita.

Didalam perusahaan, program mengencangkan ikat pinggang ini menjadi cost reduction programm (program pengurangan biaya) yang bertujuan untuk menurunkan biaya/efisiensi dalam rangka untuk meningkatkan kinerja. Dalam penerapannya cost reduction programm ini bisa diterapkan dengan 3 cara, yaitu:

cost cutting: adalah pemotongan biaya tanpa melihat efeknya terhadap output. Program ini cocok untuk pengeluaran yang tidak ada hubungan langsung dengan kinerja produksi. Misal: sumbangan sosial, langganan surat kabar

cost shifting:adalah menurunkan biaya dengan memperhatikan hubungan input dan output, yaitu menurunkan biaya dengan mengganti input tetapi tidak mempengaruhi/menurunkan output. Misal: fotocopy kertas 70gram diganti 60gram, atau bahkan kertas buram, kertas fax diganti dengan kertas HVS, obat generik diganti dengan obat generik.

cost effevtiveness: adalah pengeluaran biaya yang tepat sasaran dengan memperhatikan/memperhitungan input dan output. Program ini tidak selalu menuntut harga/biaya harus turun. Apabila biaya naik, maka harus memenuhi kaidah pengeluaran/peningkatan biaya lebih kecil dari pendapatan yang dihasilkan akibat peningkatan biaya tersebut (peningkatan biaya < peningkatan pendapatan).

Dari ke 3 hal tersebut diatas, cost effectiveness merupakan program yang paling efektif dalam menurunkan biaya. Dalam kenyataannya tidak banyak yang menerapkan ini, karena membutuhkan effort/usaha yang lebih baik waktu, pikiran maupun aktivitas, dibanding effort untuk cost cutting dan cost shifting.

Apabila perusahaan mampu menerapkan kombinasi ke 3 hal tersebut, maka akan mampu menurunkan harga pokok produksi maupun harga pokok penjualan secara signfikan. Dan selanjutnya perusahaan bisa fleksibel dalam menentukan harga jual, baik yang pada akhirnya tetap dengan mempertahankan nilai penjualan atau bahkan mampu meningkatkan nilai penjualan.


Tidak ada komentar: