Sabtu, 13 Februari 2010

Yunani ooohh Yunani


Setelah aku menulis rasa terkejut campur heran akan kesulitan ekonomi Dubai, kini aku tergelitik untuk nulis kesulitan ekonomi negeri nan eksotik Yunani, kubilang eksotik, karena sangat kuimpikan bisa kukunjungi suatu saat nanti, semoga tidak gagal lagi sebagaimana rencanaku kesana 13 tahun lalu.

Yunani yang penuh legenda cukup menghentak mata dunia ketika tahun 2004 menjadi penyelenggara olimpiade, semua mata terpana akan kecanggihan acara pembukaan maupun penutupan olimpiade begitu pula dengan kecanggihan arena-arena perlombaan. Ternyata kecanggihan itu mahal harganya. Kecanggihan olimpiade 6 tahun lalu, menjadi salah satu penyebab dari sekian banyak penyebab "kebangkrutan" Yunani.

Hutangnya menumpuk sekitar 300 milyar euro, kelompok uni eropapun dibikin blingsatan oleh krisis yang melanda Yunani ini, bahkan indeks IHSGpun bergolak karena konstraksi ekonomi Yunani.

Detik Finance menulis berita kalau Komisi Eropa telah menyetujui rencana anggaran Yunani untuk mengatasi defisit anggaran negara tersebut yang mencapai 13%. Konsekuensinya UE akan mengawasi Yunani secara ketat, demikian dipantau detikfinance siang ini.

Negara-negara anggota UE hanya boleh mengalami defisit anggaran maksimal 3% untuk menjaga stabilitas kurs mata uang Euro. Akibat krisis ekonomi global, hampir semua negara UE melampaui norma ini, namun Yunani terparah. Buntutnya, Yunani mengalami kesulitan mencari tambahan utang. Dikhawatirkan situasi ini akan menyeret negara-negara UE yang lemah.

Yunani kini melakukan sanering dengan membekukan gaji pegawai, menaikkan beberapa jenis pajak, menunda usia pensiun dan memangkas anggaran militernya.
Mari kita tunggu hasilnya

1 komentar:

Siboy Exotizone mengatakan...

Like This…………… Oke Banggetttttttttt………….

http://amazonise.wordpress.com/

http://exotizone.blogspot.com/